Single post

Simulasi Protokol MQTT Menggunakan MQTT-SPY dan MYMQTT

Simulasi Protokol MQTT Menggunakan MQTT-SPY dan MYMQTT

MQTT (Message Queuing Telemetry Transport) adalah protokol konektivitas machine-to-machine (M2M)/”Internet of Things (IoT)” yang berbasis open source (Eclipse) dengan standar terbuka (OASIS) yang sangat sederhana dan ringan, yang dirancang untuk perangkat terbatas dan bandwidth rendah, dengan latency tinggi atau berjalan pada jaringan yang tidak dapat diandalkan.

Ini adalah prinsip-prinsip desain untuk memenuhi persyaratan dalam meminimalkan bandwidth jaringan dan sumber daya perangkat, namun dilain pihak juga berusaha untuk memastikan keandalan dan jaminan pengiriman data. MQTT sangat ideal untuk perangkat yang terhubung dan aplikasi mobile di era M2M/IoT dimana bandwith dan daya baterai menjadi pertimbangan utama.

MQTT diciptakan oleh Dr Andy Stanford-Clark dari IBM, dan Arlen Nipper dari Arcom (sekarang Eurotech), pada tahun 1999. MQTT telah banyak diterapkan di berbagai industri sejak tahun 1999, terutama oleh produsen kendaraan beserta pemasoknya.

mosquitto mqtt

Keuntungan dari sistem publish/subscribe adalah antara sumber pengirim data (publisher) dan penerima data (klien) tidak saling mengetahui karena ada broker diantara mereka atau istilah kerennya yaitu space decoupling dan yang lebih penting lagi yaitu adanya time decoupling dimana publisher dan klien tidak perlu terkoneksi secara bersamaan, misalnya klien bisa saja disconnect setelah melakukan subscribe ke broker dan beberapa saat kemudian klien connect kembali ke broker dan klien tetap akan menerima data yang terpending sebelumnya proses ini dikenal dengan mode offline.

Quality of Service (QoS)

Satu lagi yang membuat MQTT berbeda adalah adanya level kualiatas dari layanan atau QoS. Jadi pesan yang di publish pasti memiliki satu dari 3 level QoS. Level-level ini memberikan garansi akan konsistensi (reliability) dari pengiriman pesan. Klien dan broker menyediakan mekanisme penyimpanan dan pengiriman kembali dari pesan sehingga meningkatkan konsistensi data akibat kegagalan network, restart dari aplikasi dan sebab-sebab lainnya.

Level 0

Pesan dikirim hanya sekali. Pesan yang terkirim tergantung dari reliabiliti stack TCP alias tergantung keberadaan network dan tidak ada usaha untuk mentransmisikan pesan kembali.

Level 1

Pesan dikirimkan setidaknya satu kali. Jadi klien setidaknya akan menerima pesan sekali. Jika subscriber tidak mengakui (acknowledge) maka broker akan mengirimkan pesan sampai publisher menerima status pengakuan pesan dari klien.

Level 2

Pesan pasti diterima satu kali. Protokol dengan level ini memastikan bahwa pesan pasti tersampaikan dan tidak terjadi duplikasi pesan yang terkirim.

Layanan Broker Gratis

Sebelum mengaplikasikan ke real device anda bisa mencoba protokol MQTT dengan memakai layanan broker gratis dari beberapa website seperti test.mosquitto.org atau iot.eclipse.org

mqtt-spy

Jika anda lebih nyaman memakai aplikasi GUI anda bisa memakai tool yang bernama mqtt-spy tapi di sistem anda harus terinstall Java 1.8 karena aplikasi ini memakai yang namanya JavaFX.

24897

atau kalau anda pemakai Android anda bisa menginstall MyMQTT.

200739

LEAVE A COMMENT

theme by teslathemes